Bukit Rhema (Gereja Ayam) Magelang

Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Gombong Kembanglimus, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa
Love it!

Mengintip keindahan Gereja Ayam (Bukit Rhema) tempat syuting AADC 2!

Bukit Rhema yang juga disebut Gereja Ayam, atau bahkan Punthuk Setumbu, merupakan salah satu pesona Wisata Magelang selain Borobudur, siapa sih yang tidak tahu dengan kabupaten Magelang? Sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah dengan icon Candi Borobudur yang namanya sudah go internasional.

Selain memiliki candi yang super megah, kabupaten Magelang juga ternyata memiliki banyak tempat wisata lainnya, baik wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah, salah satu nya Bukit Rhema ini.

Sebenarnya, bentuk bangunannya bukanlah berbentuk seekor ayam, melainkan burung merpati yang melambangkan kedamaian. Namun karena mungkin bentuknya yang tidak ramping dan cenderung membentuk ayam maka nama tempat ini terkenalnya justru gereja ayam

Melihat lebih detail keunikan Gereja Ayam Borobudur

Tingkat Pertama, Langit-langit Gereja

Di sini, kamu bisa menyaksikan secara keseluruhan ruangan gereja ayam, dengan beberapa pilar yang terbengkalai di sudut bagian ekor dan jendela-jendela berbentuk bunga di tiap sisinya. Apabila jeli, pengunjung juga dapat menyaksikan motif salib pada langit-langit bangunan. Keadaan bangunannya saat ini sudah jauh berbeda dibanding 1 tahun yang lalu.

Tingkat Kedua, Leher Ayam

Pada tingkatan ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan melalui jendela-jendela kecil berbentuk jajar genjang yang terpasang di leher. Termasuk pemandangan alam yang berpadu dengan badan hingga ekor si ayam yang disaksikan dari posisi leher ayam.

Tingkat Ketiga, Paruh Ayam

Naik ke atas lagi, adalah bagian paruh ayam yang bergincu, berwarna merah merekah. Pada bagian ini terdapat sarana untuk menyaksikan pemandangan dari paruh ayam.

Tingkat Keempat, Mahkota Ayam

Di sinilah spot terbaik dari wisata ini, di sini kamu dapat menikmati pemandangan indahnya perbukitan sekitar dari atas "kepala ayam" ini. Idealnya mahkota ayam ini muat sekitar 5-7 orang.

Jalan menuju Gereja Ayam Borobudur

Lokasi Gereja Ayam sebetulnya berdekatan pula dengan tempat wisata lainnya yaitu Phuntuk Setumbu, sebuah bukit yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin melihat sunrise di kawasan ini. Setibanya di pintu masuk tak jauh maka kamu akan menemukan tempat parkir kendaraan. Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 5.000 dan juga parkir kendaraan sekitar Rp. 2000/motor.

Untuk menuju ke Gereja Ayam, kamu bisa melewati pertigaan ojek Borobudur ke arah Selatan kemudian perempatan arah Punthuk Setumbu ambil ke kanan mingikuti jalan utama searah dengan Punthuk Setumbu. Sampai SD Karangrejo ada belokan arah kanan ambil kanan mengikuti jalan utama sampai tikungan pertigaan, ambil jalan kiri menanjak. Kemudian ikuti jalan utama kemudian ambil kanan ikuti jalan utama kemudian ambil kiri lurus. Sebelum perempatan kecil ada tulisan parkir. Dari tempat penitipan kendaraan tinggal berjalan sekitar 5 menit mengikuti jalan cor blok menanjak.

Dari Bukit Rhema ini anda juga bisa menikmati keindahan sunrise dengan view puncak Borobudur, saat ini Gereja Ayam hanya melayani sunrise pada hari sabtu dan minggu saja.

Lihat juga :

Galeri foto Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Alamat Bukit Rhema (Gereja Ayam) Magelang

Gombong Kembanglimus, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553
Last updated : 27 Maret 2017

Video Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Rating
3.9

Lokasi Google Map Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Bukit Rhema (Gereja Ayam) Magelang Buka jam berapa?

Setiap hari05:00 - 17:00

Fasilitas

• Tempat Parkir

Tempat Wisata lainnya

Komentar tentang Bukit Rhema (Gereja Ayam)