Pantai Ketawang Purworejo

Pantai Ketawang

Pantai Ketawang Indah, Grabag, Ketawangrejo, Grabag, Purworejo
Love it!

Melihat yang Tidak Biasa di Pantai Ketawang Purworejo

Bosan dengan rutinitas yang padat di ibu kota, tak ada salahnya jika Anda mengunjungi daerah lain untuk berwisata. Aktivitas ini bisa membantu Anda mengembalikan energi yang hilang pasca melakukan beragam kegiatan di kota tempat Anda berada.

Melakukan perjalanan wisata ke Purworejo, Jawa Tengah adalah salah satu yang bisa Anda lakukan. Meski bukan daerah yang luas, Kabupaten Purworejo memiliki beberapa objek wisata yang mampu memikat hati Anda.

Kota ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan layanan transportasi kereta api. Anda cukup memulai perjalanan dari stasiun-stasiun besar seperti Jakarta (keberangkatan Pasar Senen) dan Yogyakarta. Sedangkan jika Anda berangkat dari kota Bandung, Semarang atau Surabaya, Anda perlu melakukan transit di Cilacap atau Indramayu.

Tiket kereta api menuju Purworejo bisa dibeli secara daring di situs web resmi PT KAI atau pada beberapa layanan rekanan penjualan tiket seperti Traveloka di halaman https://www.traveloka.com/kereta-api. Situs-situs web tersebut bisa memudahkan Anda melakukan pembelian tanpa harus mengunjungi loket penjualan di stasiun asal.

Pemesanan tiket kereta api bisa Anda lakukan satu hari sebelum menuju Purworejo. Namun, jika Anda ingin melakukan perjalanan liburan yang sangat mendadak—beberapa jam sebelum keberangkatan—ada baiknya Anda langsung membeli tiket tersebut di loket stasiun.

PT KAI menyediakan dua kereta api ekonomi bernama Jaka Tingkir dan Bogowonto untuk perjalanan menuju Purworejo. Kedua kereta ini melakukan pemberhentian di beberapa stasiun sebelum membawa Anda tiba di Purworejo.

Kereta api Jaka Tingkir dan Bogowonto akan mengantarkan Anda tepat di kota Purworejo yang memiliki pesona alam nan elok. Salah satunya adalah Pantai Ketawang.

Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Jetis. Terletak di Dusun Ketawang, Desa Ketawangrejo, pantai Ketawang diberi nama sesuai dengan tempat di mana pantai ini berada. Sementara itu, sebutan Pantai Jetis muncul akibat letaknya yang juga tidak jauh dari sebuah dusun bernama Dusun Jetis.

Berwisata ke Pantai Ketawang akan memberikan pengalaman yang tidak akan Anda lupakan. Anda bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk melepas penat sekaligus tempat untuk mengabadikan gambar.

Pantai Ketawang juga memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya di Kabupaten Purworejo. Keunikan inilah yang membuatnya sangat layak untuk Anda kunjungi.

Apa saja keunikan yang dimaksud?

1. Pasir pantai yang tidak biasa

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Indonesia yang memiliki pasir berwarna abu-abu dan putih, Pantai Ketawang justru hadir dengan warna pasir yang gelap.

Ya, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam. Meski begitu, pasir di pantai ini terasa sangat lembut dan sangat nyaman untuk dipijak meski dengan kaki tanpa alas.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan santai ataupun membangun kastel pasir dengan pasir unik pantai ini.

2. Pemandangan sekitar

Wisata Gunung Sewu

Selain melihat keindahan dari pasirnya yang unik, Anda bisa melihat pegunungan Sewu dan Menoreh di sebelah timur pantai ini. Indahnya Karst Gombong juga bisa Anda lihat saat menoleh ke arah barat pantai Ketawang.

3. Mercusuar di tengah rawa

Mercusuar Pantai Ketawang

Setelah puas mengabadikan gambar di kawasan pantai, Anda juga bisa melihat pemandangan yang tidak biasa dari mercusuar di Pantai Ketawang. Mercusuar ini terletak tepat di tengah rawa yang berfungsi sebagai sumber irigasi warga sekitar.

Saat ingin menuju ke mercusuar delapan lantai ini, Anda akan menemukan berbagai tanaman yang sengaja ditanam warga sebagai sumber penghidupan di sekitar pantai. Tanaman tersebut tampak hijau dan segar, apalagi bila dilihat tepat dari atas mercusuar. Selain tanaman, ada pula kolam tambak yang turut dikelola warga Ketawang di dekat lokasi Mercusuar.

Mercusuar Ketawang masih memiliki bangunan yang khas. Serupa dengan mercusuar pada umumnya, bangunan ini dilengkapi dengan lampu penerangan sebagai petunjuk dan pengamanan bagi Pantai Ketawang. Selain itu, mercusuar ini juga memiliki ratusan anak tangga yang harus dilewati jika ingin mencapai puncak.

4. Jalan aspal

Agar bisa sampai di Pantai Ketawang, Anda harus melakukan perjalanan setidaknya 20 km dari pusat kota atau 12 km dari Kutoarjo. Anda juga bisa melakukan perjalanan dari Yogyakarta atau langsung dari stasiun kereta api.

Uniknya, berbeda dengan kebanyakan jalan utama yang mengarah ke pantai, jalanan ke Pantai Ketawang sudah dibuat beraspal. Kondisi tersebut tentu akan memudahkan Anda tiba dengan cepat ke Pantai Ketawang.

5. Deretan pohon cemara

Sekitar Pantai Ketawang

Saat menuju ke lokasi pantai, di sepanjang perjalanan Anda akan menemukan deretan pohon cemara yang sungguh memikat mata. Tak hanya pepohonan hijau yang ada di sana, Anda juga bisa menemukan berbagai keramba ikan milik penduduk Ketawang saat menuju ke pantai ini.

Nah, itulah lima keunikan yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Ketawang. Anda bisa mencapai pantai ini dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Pastikan Anda memiliki kondisi fisik yang baik sebelum berkunjung ke pantai ini. Jika sudah tiba di sana, pastikan juga Anda menjaga kebersihan pantai, dengan tidak membuang sampah sembarangan di pantai ini.

Rating
3.8

Lokasi Google Map Pantai Ketawang

Fasilitas

  • Tempat Parkir
  • Toilet umum
  • Oleh oleh

Wisata lain dekat Pantai Ketawang

Tempat Wisata lainnya

Komentar tentang Pantai Ketawang