Tips mengunjungi Candi Borobudur

Saat kamu mengunjungi Borobudur, kamu bisa berjalan kaki mengitari candi ini secara pradaksina (berputar searah jarum jam) seperti yang dilakukan para peziarah zaman dulu. Dari tingkat pertama berjalan ke kiri kemudian baru naik ke tingkat selanjutnya, begitu terus hingga mencapai puncak. Hal hal yang perlu kamu ketahui sebelum ke candi Borobudur :

  • Lokasi candi sangat luas dan harus ditempuh dengan berjalan kaki, kamu akan mudah kelelahan apalagi saat siang hari dengan cuaca yang sangat panas. Tips nya, pakailah alas kaki yang nyaman berupa sandal atau flat shoes dan sunglass. Jangan kenakan high heels atau wegdes supaya kaki tidak kesakitan.
  • Gak usah bawa banyak barang!
  • Bawalah payung atau topi sebagai pelindung diri dari teriknya sinar matahari.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Borobudur adalah di pagi hari saat Borobudur baru buka atau sore hari saat menjelang sunset. Selain matahari tidak terlalu menyengat, pada jam-jam tersebut kondisi Borobudur tidak terlalu ramai sehingga kamu bisa mengambil gambar lebih leluasa.

Panasnya siang hari

Selain menikmati kemegahan candi, di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur juga terdapat banyak hal menarik yang bisa dicoba. Bagi pecinta museum, wisatawan dapat mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Kapal Samudraraksa secara gratis. Wisatawan juga bisa menaiki gajah tunggang, kereta kelinci, maupun sepeda tandem untuk mengelilingi kompleks Borobudur.

Seperti apa sih tempat wisata ini? Yuk lihat beberapa foto yang diambil pengunjung Candi Borobudur, lebih lengkapnya kamu bisa klik tombol Detail mengenai tempat wisata ini di bagian bawah.

Galeri foto Candi Borobudur

Rating
4.6

Lokasi Google Map Candi Borobudur