Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan

Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
Love it!

Hi Trivers! Pernah wisata ke Candi Prambanan? Kalau belum, mungkin ini saatnya kamu mengunjunginya. Konon candi ini memiliki seribu candi di cerita rakyat Roro Jonggrang, namun faktanya hanya ada sekitar 240 candi di komplek tempat wisata ini. Di tempat ini kamu akan diperkenalkan dengan kisah Ramayana dan Krishnayana melewati relief yang terdapat di Candi ini. Di bagian utara komplek, ada sebuah museum yang memuat informasi seputar tempat wisata Candi Prambanan. 

Inilah kisah sejarah dibalik Candi Prambanan

Candi ini dibangun pada 9 Masehi. Konon di Jawa Tengah terdapat dua kerajaan yaitu, Pengging dan Baka. Pengging dipimpin oleh Prabu Damar Maya yang memiliki putra bernama Raden Bandung Bondowoso yang gagah perkasa dan sakti. Sedangkan kerajaan Baka dipimpin oleh raksasa bernama Prabu Baka dan memiliki putri cantik bernama Roro Jonggrang.

Untuk memperluas kekuasaannya, prabu Baka berusaha menaklukan kerajaan Pegging. Tapi dalam penyerangan tersebut prabu Baka terbunuh oleh Bandung Bondowoso dan bahkan akhirnya kerajaan Baka justru diserang balik dan dapat dikuasai oleh pasukan yang dipimpin oleh Bandung Bondowoso tersebut. Pada saat pendudukan kerajaan Baka, Bandung Bondowoso terpikat oleh kecantikan Roro Jonggrang dan ingin mempersuntingnya. Namun, Roro Jonggrang menolak karena ia tidak mau menikah dengan orang yang telah membunuh ayah kandungnya sendiri. Setelah dibujuk rayu olah Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang pun menyetujui lamarannya dengan syarat ia minta dibangunkan seribu candi dalam waktu satu malam.

Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso pun membangun candi dengan bantuan para mahluk halus. Ketika Rara Jonggrang mendengar kabar bahwa seribu candi sudah hampir selesai, sang putri berusaha menggagalkannya. Ia membangunkan para dayang istana untuk mulai menumbuk padi. Ia juga memerintahkan agar gundukan jerami dibakar di sisi timur. Mengira bahwa pagi telah tiba, para makhluk halus lari ketakutan. Akibatnya, hanya 999 candi yang berhasil dibangun. Setelah tahu bahwa semua itu adalah muslihat Rara Jonggrang, Bandung Bondowoso pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu. Sang putri berubah menjadi arca terindah untuk menggenapi candi terakhir.

Apa yang menarik di Candi Prambanan?

Wilayah Candi Prambanan memiliki luas sekitar 39,8 hektar, kamu bisa mengelilingi kompleknya dengan berjalan kaki sambil mengagumi mahakarya orang-orang Hindu jaman dahulu. Ada satu yang menarik, jika kamu datang saat musim kemarau, kamu bisa menikmati pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka trimurti dengan latar ketiga candi dewa yang dihiasi oleh lampu lampu.

Sendratari Prambanan

Pertunjukan ini bisa disaksikan mulai pukul 20.00 - 22.00 WIB. Jika musim hujan, pertunjukan ini akan dipindahkan ke panggung tertutup. Belum puas menikmati fasilitas yang ditawarkan disana? Kamu juga bisa membeli banyak oleh-oleh khas Candi Prambanan yang banyak dijual di komplek sekitar Candi Prambanan sebagai buah tangan keluarga di rumah. Harga pernak-pernik ini juga tidak begitu mahal.

Harga tiket masuk Candi Prambanan

Wisatawan Domestik

Harga tiket masuk Candi Prambanan terbaru untuk orang dewasa sebesar Rp 30.000, untuk anak-anak sebesar Rp12.500.

Wisatawan Mancanegara

Untuk WNA dewasa dikenakan 18 USD, sementara untuk anak-anak hanya 9 USD.

Jam operasional Candi Prambanan ini dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Jalan menuju Candi Prambanan

Jalan menuju candi Prambanan enggak sulit. Jika kamu menggunakan pesawat dan turun di bandara Adi Sucipto, maka kamu bisa langsung naik taksi ke arah timur atau menjauh dari pusat kota Jogja. Jarak dari bandara hanya sekitar 15 menit jika menggunakan kendaraan bermotor.

Jika menggunakan bis, naiklah jurusan bis Jogja-Solo atau rute yang lebih jauh tapi melewati Jogja dan Solo. Lalu langsung turun di depan loket masuk candi Prambanan.

Jika membawa kendaraan pribadi dari arah barat, selatan maupun utara Jogja (Semarang misalnya), ambillah jalan ringroad dan berkendaralah ke arah timur Jogja. Setelah ketemu jalan Solo, maka luruslah berjalan ke arah timur hingga Anda mendapati bangunan candi besar di sebelah kiri, candinya terlihat jelas dari jalan.

Tips berkunjung ke Candi Prambanan

Luasnya area candi prambanan akan membuat kakimu pegal, apalagi jika kamu berkunjung di siang hari dengan teriknya matahari, untuk itu berkunjunglah saat pagi atau sore hari, gunakan alas kaki yang nyaman, sunglass dan bawa barang seminim mungkin, jika terpaksa mengunjungi saat siang, bawalah payung

Alamat Candi Prambanan Yogyakarta

Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
Last updated : 31 Januari 2017

Penginapan / Hotel dekat Candi Prambanan Yogyakarta

Video Candi Prambanan

Rating
4.2

Candi Prambanan Yogyakarta Buka jam berapa?

Setiap hari06:00 - 17:00

Fasilitas

  • Restaurant
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Food Stands
  • Oleh oleh

Wisata lain dekat Candi Prambanan

Tempat makan / restoran dekat Candi Prambanan

Tempat wisata di Yogyakarta lainnya

Komentar tentang Candi Prambanan